Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia - Selamat datang di halaman kami 15HITS | Kumpulan Viral Paling Dicari, Pada postingan kali ini kita akan ulas Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia, Disini semua telah di siapkan khusus buat anda. Dalam postingan Gambar Soal-Soal, yang sudah dibuat ini, bisa di ambil manfaatnya.



link : Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia

Mungkin Anda Tertarik


Daftar Isi [Buka]


15hits - Bagi adik adik kelas IX Sekolah Menengah Pertama atau SMP tentunya sudah  tidak sabar menanti program UN atau UNBK kah? ya, tentu saja UN/UNBK selalu dinanti-nanti sebab mungkin ada diantara adik-adik semua yang ingin cepat-cepat lulus dari jenjang pendidikan SMP dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik itu SMA maupun SMK.

tentunya selama 3 tahun menggali ilmu di SMP dari mulai kelas 7, 8 dan 9 ada banyak ilmu dan pengajaran didapat dari berbagai guru. Maka jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu 3 tahun tersebut hanya untuk berleha-leha saja.

Ini sudah waktunya untuk belajar lebih giat lagi. Karena tanpa kita sadari UNBK sudah didepan mata. Tinggal bagaimana cara kita melaluinya, apakah hanya sekedar duduk mengerjakan soal kemudian pulang? atau duduk dan mengerjakan soal dengan rasa senang dan bangga serta fokus dalam mengerjakan tiap baris soal?

Tentu semua punya caranya masing-masing dalam menyikapi Ujian Nasional. Tapi saya ingin berpesan kepada anda bahwa jangan sampai anda lulus dan tidak bisa masuk ke sekolah impian gara-gara nilai yang kamu peroleh sangat minim.

Maka dari itu, pada kesempatann kali ini saya akan memberikan soal Ujian Nasional yang insyallah bisa adik adik jadikan sebagai bahan belajar nantinya. Berikut adalah Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia :


Bacalah teks berikut!

Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan klasifikasi dulu pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.

01. Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah ….

(A) anarki, klarifikasi
(B) anarkis, klarifikasi
(C) anarkistis, klarifikasi
(D) anarkis, verifikasi


Bacalah teks berikut!

Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negeri.

02. Perbaikan penulisan gabungan kata pada kalimat tersebut adalah ….

(A) pertukaran seharusnya per-tukaran
(B) pertukaran pelajar seharusnya pertukaranpelajar
(C) antar negara seharusnya antarnegara
(D) luar negeri seharusnya luarnegeri


Bacalah teks berikut!

(1) Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. (2) Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21. (3) Kenakalan remaja merupakan masalah tanggung jawab semua pihak. (4) Pada usia itu, remaja sedang mencari identitas dirinya. 

03. Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)


Bacalah teks berikut!

Kabarnya, presiden akan mengadakan reshuffle kabinet untuk supaya meningkatkan kinerja pemerintah.

04. Penggunaan kata hubung dalam kalimat tersebut tidak tepat karena ….

(A) kata supaya tidak diperlukan
(B) kata untuk bermakna tujuan
(C) kata supaya bermakna alasan
(D) kata untuk menyatakan asal


Bacalah teks berikut!

Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat dan produktif sehingga pada akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.

05. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

(A) penerapan kebersihan lingkungan
(B) manfaat budaya hidup sehat bagi manusia
(C) aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan
(D) tempat penerapan pola hidup sehat


Bacalah teks berikut!

Dalam penyelaman itu menemukan benda-benda kuno di dasar laut.

06. Kalimat tersebut tidak efektif karena ….

(A) memiliki makna ganda
(B) tidak memiliki subjek
(C) predikatnya kata kerja pasif
(D) tidak disertai keterangan tempat


Bacalah teks berikut!

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun demikian, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.

07. Simpulan isi teks tersebut adalah ….

(A) minat membaca akan tumbuh dengan sendirinya sejak usia dini
(B) kondisi rendahnya minat baca adalah kenyataan yang harus diterima
(C) pemerintah optimis bahwa minat baca masyarakat dapat ditingkatkan
(D) dengan 15 menit membaca setiap hari, minat baca dapat meningkat


Bacalah teks berikut!

Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak genius dan intelektual tinggi selama 45 tahun.

08. Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ….



Bacalah teks berikut!

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali, tepatnya di sebelah selatan pulau Dewata.

09. Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata ….

(A) Kuta
(B) Bali
(C) selatan
(D) Dewata


Bacalah teks berikut!

(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini; semua
siswa diharapkan memiliki minat baca yang tinggi.

10. Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)


Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.

11. Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalah ….

(A) Museum geologi Bandung, Benua Eropa
(B) Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(C) museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(D) museum Geologi Bandung, benua eropa


Perhatikan kalimat berikut!

Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib mengikuti upacara.

12. Perbaikan penulisan tanda baca koma pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….

(A) semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib, mengikuti upacara
(B) semua siswa baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara
(C) semua siswa, baik laki-laki maupun perempuan, wajib mengikuti upacara
(D) semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara


Bacalah teks berikut!

Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu, dan pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selalu berjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.

13. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah ….

(A) tanda baca koma (,) sebelum kata dan tidak diperlukan
(B) tanda baca titik (.) tidak diperlukan setelah kata tergoda
(C) tanda baca titik dua (:) tidak diperlukan setelah kata membutuhkan
(D) tanda baca koma (,) pada kalimat kedua tidak perlu


Perhatikan kalimat berikut!

Salah satu upaya penanggulangan banjir ialah dengan membuat saluran air […] got ke sungai.

14. Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) di
(B) ke
(C) dari
(D) pada


Perhatikan kalimat berikut!

[...], hebat sekali kamu, ulangan matematika sesulit itu mendapat nilai sempurna!

15. Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) Wah
(B) Aduh
(C) Hai
(D) Ah


Bacalah petunjuk berikut!

Membuat Puding Kelapa Muda „

(1) sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili, dan telur lalu kocok
(2) biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat
(3) tuanglah ke dalam cetakan
(4) masak air sampai mendidih
(5) setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.

16. Urutan petunjuk membuat puding kelapa muda tersebut yang tepat adalah ….

(A) (1), (3), (2), (4), (5)
(B) (1), (4), (5), (2), (3)
(C) (4), (1), (2), (5), (3)
(D) (4), (5), (3), (1), (2)


Perhatikan teks berikut!

Batik telah dikenal sejak zaman Majapahit, bahkan bisa lebih lama sebelumnya yaitu masa kerajaan Mataram Kuno […] Arca para dewa bisa dijumpai di candi Hindu maupun Buddha, seperti di Candi Prambanan

17. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

(A) arca para para dewa zaman dahulu diberi busana batik
(B) batik sudah banyak digunakan para raja zaman dahulu
(C) bukti kehadirannya dapat disaksikan pada ukiran arca para dewa
(D) batik digunakan sebagai pakaian kebesaran para bangsawan


Bacalah kutipan cerita berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.


18. Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang pertama yang tepat adalah ….

(A) Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak
semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilannya

(B) Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya

(C) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan
penghasilanku

(D) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilan kami


Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraaan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagaitengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

19. Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan


Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini. Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini : A dan C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks dan mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

19. Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan


Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini : A dan C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks dan mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

20. Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ….

(A) Kelasku sedang menghadapi ujian Matema-tika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soalsoal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din… soal nomor 5 dan 6 jawabannya apa? “ “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”

(B) Ketika ujian matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din… soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras “Ssst… jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar”. Mereka asyik contek-contekkan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.

(C) Ujian matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Sita, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita “Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

(D) Bu guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Sita, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din?” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Ssst…. Jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”


Bacalah data hasil pengamatan berikut!

Kelompok : Bung Tomo
Objek yang diamati : Gunung Tangkuban Perahu
Waktu pengamatan : Selasa, 11 Juni 2016
Tujuan : Mengetahui kondisi
 Gunung Tangkuban Perahu
Hasil pengamatan :
 berada di sebelah utara Bandung
 tingginya 2.084 m
 bentuknya strato volcano
 suhu berada antara 2°C s.d. 17°C

21. Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ….

(A) kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu pada hari Selasa, 11 Juni 2016. Tujuan pengamatan adalah untuk mengetahui kondisi gunung tersebut. Gunung Tangkuban Perahu berada di sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini berbentuk strato volcano. Suhu di sekitarnya mencapai 2°C pada malam hari dan 17°C pada siang hari.

(B) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan tentang Gunung Tangkuban Perahu. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 2016. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutama pada hari libur, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yang berbentuk strato volcano ini termasuk gunung berapi yang masih aktif.

(C) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola Perhutani. Salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu di daerah utara Kota Bandung. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif. Walaupun demikian, gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan karena suhu di sekitarnya dingin.

(D) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu. Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara Bandung ini berbentuk strato volcano. Tinggi gunung mencapai 2.084 dan suhu di sekitar kawasan ini mencapai 2°C pada malam hari.


Bacalah kalimat berikut!

Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluap dan berkualitas tinggi.

22. Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

(A) mencari
(B) terbaru
(C) meluap
(D) berkualitas


Bacalah teks berikut!

(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan berbagai keperluan untuk acara jalan sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah untuk para peserta jalan sehat telah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta telah hadir di sekolah.

23. Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)


Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi dengan [...] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.

24. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) menyibukkan
(B) menampilkan
(C) menjadikan
(D) melibatkan


Perhatikan kalimat berikut!

Ditemani oleh [...] suami, Alien menjelaskan permasalahan yang sebenarnya terjadi.

25. Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) si
(B) sang
(C) tuan
(D) dang


Perhatikan teks berikut!

Banjir sudah menjadi agenda tahunan […](1) masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar […](2) menyelesaikan masalah ini.

26. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

(A) (1)untuk, (2)bagi
(B) (1)oleh, (2)untuk
(C) (1)oleh, (2)bagi
(D) (1)bagi, (2)untuk


Bacalah teks berikut!

Terkuaknya kasus vaksin palsu, belum lama ini, membuktikan bahwa kejahatan dengan modus baru telah terjadi di dunia kesehatan. Meskipun pihak Kementerian Kesehatan RI telah memberikan klarifikasi, namun tetap saja tak sedikit masyarakat yang dibuat resah dengan kejadian itu. Mereka diliputi kekhawatiran terhadap anakanak balita mereka yang belum lama ini mendapat imunisasi.

27. Makna kata klarifikasi pada teks tersebut adalah ….

(A) penjelasan tentang hal yang sebenarnya
(B) pengusutan terhadap masalah yang terjadi
(C) pemahaman terhadap akibat yang ditimbulkan
(D) dugaan munculnya masalah dan akibatnya


Bacalah teks berikut!

(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar Pemilihan Kepala Daerah tahun 2017 berjalan aman dan damai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.

28. Maksud kalimat nomor (3) pada teks tersebut adalah ….

(A) pembangunan ekonomi akan berjalan lancar setelah pelaksanaan Pilkada 2017
(B) Pilkada tahun 2017 sangat mengganggu ekonomi yang sedang dilaksanakan
(C) semua pihak mengharapkan Pilkada tahun 2017 dilaksanakan setelah pembangunan ekonomi selesai
(D) Pilkada tahun 2017 diharapkan tidak mengganggu pembangunan ekonomi yang sudah mapan


Bacalah teks berikut!

(1) Kelompok Melati mengadakan pengamatan di Kali Brantas.
(2) Air Kali Brantas sangat jernih. Aliran air Kali Brantas sangat lancar.
(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 2016.
(4) Air Kali Brantas digunakan masyarakat di sekitar Kali Brantas untuk mencuci.
(5) Setiap sore hari banyak anak yang berenang di Kali Berantas.

29. Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….

(A) (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
(B) (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
(C) (5)-(3)-(2)-(1)-(4)
(D) (5)-(1)-(3)-(2)-(4)


Bacalah teks berikut!

Minat baca di Indonesia memang rendah. Namun demikian, kualitas perpustakaan kita justru di atas negara-negara maju. Membangun perpustakaan merupakan hal yang penting. Mengajak masyarakat untuk memiliki minat Baca juga tak kalah penting.


30. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....

(A) perpustakaan yang memadai tidak menjamin tingginya minat baca
(B) pengadaan perpustakaan yang berkualitas merupakan hal yang penting
(C) minat baca di Indonesia tinggi karena disediakan perpustakaan
(D) minat baca tinggi karena adanya perpustakaan yang berkualitas


Bacalah teks berikut!

(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.

31. Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)


Bacalah paragraf berikut!

(1) Kontingen PON menembak Jabar mengalami perkembangan pesat dalam empat tahun terakhir. (2) Pada PON Tahun 2012, kontingen ini hanya meraih satu medali emas. (3) Pada PON XIX Tahun 2016, Jabar meraih tiga belas medali emas. (4) Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Jabar menjadi juara umum cabang olahraga menembak PON XIX.

32. Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)


Bacalah teks berikut!

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau.

Daunnya mengandung serat bening sebagai daging. Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya adalah obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.


33. Ringkasan teks tersebut adalah ....

(A) lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan
(B) lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit
(C) lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas menguntungkan
(D) lidah buaya bermanfaat dan memiliki komoditas yang menguntungkan


Bacalah kedua kutipan cerita berikut!


Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

35. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ….



Bacalah kutipan cerita berikut!

Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak. Keesokan harinya, katak menagih janji kerbau lantaran malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia sudah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.

36. Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) suka berbohong
(B) tidak tahu malu
(C) tidak sungguh-sungguh
(D) suka menyombongkan diri


Bacalah kutipan cerita berikut!

Untuk mengisi liburan sekolah, Andi dan temantemannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman dan Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya. “Lho, kamu kok belum siap-siap?” tanya Firman. “Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut.” “Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah” ujar Adi. “Iya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga dan merawat ibu,” kata Andi. “Ah…. Kamu bukan teman setia!” kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.

37. Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) keinginan Firman untuk berkemah
(B) Andi merupakan teman yang tidak setia
(C) walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
(D) Andi membatalkan pergi berkemah karena ibunya sakit


Bacalah teks berikut!

Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. la selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1912, ia mendirikan Indische partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan menggerakkan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.

38. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ….

(A) tahun 1908 aktif berorganisasi
(B) organisasinya ditolak Belanda
(C) memiliki nasionalisme tinggi
(D) menggugah kesadaran masyarakat


Bacalah teks berikut!

Pertempuran legendaris 10 November 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan. Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecilkecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. la menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.

39. Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ….

(A) sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan
(B) tokoh legendaris pada peristiwa 10 November 1945
(C) menyelesaikan pendidikannya di HBS lewat korespondensi
(D) suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik


Bacalah kutipan cerita berikut!

“Bu, Syifa boleh membeli baju?” tanya Syifa. “Boleh”, jawab Ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan, dia bertemu dengan pengemis. Syifa memutuskan untuk tidak jadi membeli baju. ”Syifa, mana baju yang kamu beli?” tanya ibu kepada Syifa. “Tidak jadi, Bu… karena uangnya aku kasih ke pengemis itu,” jawab Syifa. Tidak lama kemudian terdengar suara dari luar rumah memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah untuk melihat siapa yang datang. Ternyata teman Syifa, Lala namanya.

40. Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) ibu
(B) Syifa
(C) Lala
(D) pengemis


Perhatikan kalimat berikut!

Saat hari lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.

41. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah ….

(A) saat Lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
(B) saat hari Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
(C) saat Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
(D) saat hari Lebaran, saya saling bermaafmaafan dengan saudara.


Bacalah kutipan cerita berikut!

Pada suatu pagi, Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. “Aduh, kasihan sekali anak burung ini,” kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. “Kita rawat saja ya, Kek,” ujar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.

42. Tokoh tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) rumah dan dapur
(B) rumah dan hutan
(C) rumah dan pasar
(D) rumah dan warung


Bacalah kutipan cerita berikut!

Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya dan juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan dan serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.

43. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) pelukisan fisik tokoh
(B) penggambaran lingkungan tokoh
(C) melalui tokoh lain
(D) penggambaran tingkah laku tokoh


Bacalah kutipan cerita berikut!

Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu dan belalang yang sombong dan tamak. Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu.

Ia sering menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung hantu, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya.

Ia meminta buah anggur yang dimiliki burung hantu agar suaranya semerdu Dewa Apollo. “Saat belalang mendekat ke burung hantu, haaapp! Nyaem… nyaeeemm,” cerita Kedasih, menirukan burung hantu menerkam belalang.

44. Makna simbol kata burung hantu pada kutipan tersebut adalah ….

(A) ketidakberdayaan
(B) kesombongan
(C) kecerdikan
(D) kesabaran


Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temanya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. la tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

45. Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa
(B) dengan teman harus saling menggoda dan meledek
(C) berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
(D) kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan


Bacalah kutipan cerita berikut!

Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia raguragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom dimana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.

46. Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) Ipiin menjadi gemetaran karena menemukan sebuah benda
(B) Ipiin ragu dan takut karena sering terjadi peledakan bom
(C) Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
(D) Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya

47. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ….




48. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ….




Bacalah kutipan cerita berikut!

Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

49. Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) setiap malam berpesta
(B) membagi makanan
(C) hidup menyendiri
(D) aneh dan pemalu


Bacalah kutipan cerita berikut!

Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang dan waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan dan lautan adalah cairan logam meski buih pada debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas dan langit.

50. Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) menggunakan pola pengembangan alur mundur
(B) gaya bahasa yang indah dalam menggambarkan pantai
(C) sudut pandang yang digunakan orang ketiga
(D) menceritakan pengalaman tokoh di daerah pantai




Penutup

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia. Semoga soal-soal diatas dapat kamu jadi sebagai bahan belajar untuk menghadapi UNBK nanti ya.

Terimakasih, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik dan bermanfaat lainnya.


Itulah Ulasan Kami Tentang Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia

Sekianlah informasi tentang Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.Teriakasih, jangan lupa share dan tuliskan komentar dibawah ini.


Anda sudah melihat postingan Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia dengan alamat link https://15hits.blogspot.com/2019/12/soal-ujian-nasional-atau-unbk-smp.html silahkan di copy dan bagikan.

0 Komentar