Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting? - Selamat datang di halaman kami 15HITS | Kumpulan Viral Paling Dicari, Pada postingan kali ini kita akan ulas Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting?, Disini semua telah di siapkan khusus buat anda. Dalam postingan yang sudah dibuat ini, bisa di ambil manfaatnya.



link : Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting?

Mungkin Anda Tertarik


Daftar Isi [Buka]


Sebelum menjawab pertanyaan diatas saya akan bercerita tentang sebuah pengalaman yang saya dapat dari seorang teman yang dulunya ia sangat antipati terhadap buku namun hari ini bahkan ia telah menulis beberapa review buku di goodreads.

Pertama saya akan bercerita kenapa ia sangat tidak suka membaca buku. Jadi ketika itu ia kebetulan mempunyai seorang pacar yang sangat gemar membaca sehingga ia mempunyai koleksi novel yang cukup banyak di rak lemari rumahnya.

Teman saya ini iseng aja mengambil beberapa buku dan mulai membacanya. Namun beberapa hari kemudian ia mengembalikan buku tersebut dan katanya ia hanya membaca 5 lembar pertama saja. Ia bilang ia tidak suka membaca buku dan buku itu buatnya sangat membosankan.

Berawal dari peristiwa tersebut, teman saya menjadi mempunyai stereotip tentang kegiatan membaca buku adalah kegiatan yang membosankan. Dan seterusnya ia menjadi seseorang yang tidak suka baca buku terlebih novel.

Dalam suatu waktu ia melihat saya sedang membaca buku Lelaki Harimau karangan Eka Kurniawan. Karena saya sangat menyukai buku tersebut, tentu saja saya sangat antusias bercerita kepadanya tentang keseruan cerita dari buku yang sedang saya baca tersebut. Lalu ia dengan heran bertanya kepada saya “ Emang se-seru itu ya? Membaca buku ini?”. Kemudian ia bercerita tentang pengalamannya saat membaca novel yang ia pinjam dari pacarnya tersebut. Secara spontan saya meminta dia untuk membuka sebuah website review buku yang biasa saya baca, novelfiksi.com.

Novelfiksi.com adalah sebuah website yang biasa saya baca sebagai rujukan ketika memutuskan untuk membeli sebuah buku atau tidak. Seperti buku Lelaki Harimau yang saya ceritakan diatas, saya membelinya setelah saya yakin bacaan tersebut cocok dengan saya. Maka saya memutuskan untuk menebusnya dari toko buku terdekat.

Jadi menurut saya membaca review buku sebelum memutuskan untuk membeli sebuah buku itu penting. Berikut beberapa alasannya.


1. Mengetahui genre buku
Alasan yang pertama mengapa review buku itu penting adalah kita bisa mengetahui genre buku tersebut sebelum mulai membaca.

Sebagian orang, terutama yang masih berusaha menumbuhkan minat bacanya. Mengetahui genre buku yang akan ia baca itu penting. Karena tanpa pengetahuan itu bisa jadi ia akan “terjebak” membaca sebuah buku yang panjang tetapi ia tidak bisa menikmati bacaannya tersebut. Ya karena genre yang ia baca bukan sesuatu yang menarik perhatiannya.

Contohnya adalah ketika seorang yang sudah berumur 30 tahunan tetapi ia memaksakan diri untuk membaca buku-buku teenlit ya mungkin ia tidak akan menemukan cerita yang menarik. Contoh lainnya misalkan anda adalah seorang yang penakut tapi anda “terjebak” dalam sebuah bacaan bergenre Thriller. Bukunya mungkin bisa dibuang ke tempat sampah.

Jadi menurut saya membaca review buku itu penting, karena kita bisa mengetahui genre buku tersebut.


2. Mengetahui pengalaman orang lain saat membacanya.
Terkadang setelah selesai membaca sebuah buku, otak kita akan memprosesnya menjadi sebuah nilai atau sebuah hikmah, dan kita pun akan bertanya-tanya apakah orang lain juga memikirkan soal yang sama dengan yang anda pikirkan? Maka melihat review dari orang yang sudah pernah membacanya bisa menjadi cros-chek tentang penilaian kita terhadap buku tersebut. 

Bahkan beberapa orang merasa perlu mendiskusikan pengalamannya dalam membaca sebuah buku pada beberapa orang terdekatnya. Tapi jika lingkaran pertemanan kalian tidak tertarik dengan buku, maka memcari website review buku menjadi sangat penting untuk memulai diskusi di kolom komentar.


3. Megetahui bacaan tersebut sesuai dengan kita atau tidak
Hampir seperti point pertama tadi, sebelum kita “terjebak” dan tenggelam dalam sebuah bacaan yang membosankan alangkah baiknya bagi kita untuk memilih sebuah buku yang sesuai dengan kita.

Kesesuaian ini bisa meliputi berbagai hal seperti: gaya bercerita penulis, gaya bahasa penulis, kesesuaian genre, kesesuaian usia dan lain sebagainya.


4. Sedikit Spoiler? No Problem
Orang bilang, spoiler akan mengurangi keseruan saat membaca novelnya langsung. Buat saya itu lebih baik daripada kita tidak mencoba mencaritahu sama sekali tentang buku tersebut, ya ujung-ujungnya bisa ketebak, bukunya tidak akan selesai dibaca. Karena kita bosan dengan isinya yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita yang terlalu tinggi terhadap buku tersebut.

Jadi untuk menjawab judul saya diatas maka akan saya jawab membaca review buku itu penting. Dan website yang biasa saya gunakan sebagai rujukan adalah novelfiksi.com. apakah kalian juga pernah berkunjung ke sana? Silahkan tulis komentar dibawah.


Penutup

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari tulisan sederhana ini ya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan yang akan datang. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs blog ini ya. Terimakasih.


Itulah Ulasan Kami Tentang Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting?

Sekianlah informasi tentang Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting? yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.Teriakasih, jangan lupa share dan tuliskan komentar dibawah ini.


Anda sudah melihat postingan Sebelum membeli buku, apakah membaca review buku itu penting? dengan alamat link https://15hits.blogspot.com/2019/12/sebelum-membeli-buku-apakah-membaca.html silahkan di copy dan bagikan.

0 Komentar