Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet - Selamat datang di halaman kami 15HITS | Kumpulan Viral Paling Dicari, Pada postingan kali ini kita akan ulas Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet, Disini semua telah di siapkan khusus buat anda. Dalam postingan Gambar Cara, yang sudah dibuat ini, bisa di ambil manfaatnya.



link : Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet

Mungkin Anda Tertarik


Daftar Isi [Buka]

Pomade

15hits - Minyak rambut atau yang saat ini tren disebut sebagai pomade adalah benda serbaguna dari semua produk penataan rambut laki-laki. Pomade berbeda dari gel dan hair spray.

Perbedaannya adalah pomade tidak kering, memberikan kesan mengilap dan tampak basah, gaya klimis rambut yang sangat populer sekarang. Namun, banyak yang tidak tahu asal-usul pomade. Minyak ini tidak sekadar kosmetik rambut yang muncul belakangan.

Jauh sebelumnya, kelahiran pomade dapat ditelusuri. Istilah Bahasa Inggris pomade berasal dari Bahasa Perancis pommade, yang artinya 'salep'. Pomade modern saat ini mengandung bahan wewangian.

Pemakaian pomade bermula sejak tahun 1800-an. Selama abad ini, lemak beruang adalah item yang paling umum digunakan. Di awal abad ke-20, bahan lainnya seperti petroleum jelly, lilin lebah, dan lemak babi menggantikan lemak beruang.

Pomade dulunya lebih populer daripada saat ini. Untuk menciptakan model rambut klimis pada laki-laki, beragam produk dan merek pomade yang dipasarkan. Di pertengahan abad ke-20 tren pomade begitu populer.

Contoh paling umum gaya rambut yang cocok menggunakan pomade adalah pompadour, rambut tersapu tinggi ke atas seperti gaya rambut Madame de Pompadour istri King Lous XV. Selebriti yang memakai model ini adalah Elvis Presley.

Model rambut lain yang pas dengan pomade adalah quiff. Model ini menggabungkan model pompadour pada 1950-an dan gaya mohawk. Cirinya adalah rambut di bagian depan kepala disikat ke atas.

Lalu model duck tail yang populer di era 50-an dengan gaya rambut disisir ke belakang, seperti rambut John Trovolta di film populer Grease di pada '78.

Berlimpahnya laki-laki memakai pomade melahirkan sebutan khusus bagi mereka, yaitu ‘greasers’.

Pada masa itu laki-laki memakai pomade yang sangat banyak untuk menahan rambut tidak berubah bentuk. Dalam perkembangannya, terutama dalam budaya urban dewasa ini, laki-laki memakai pomade untuk bergaya.

Pomade dipakai untuk menciptakan model spike seperti paku yang berdiri kaku di kepala. Pomade juga seringkali dipakai untuk membuat beberapa gaya rambut klasik. Juga mengesankan tampilan basah pada rambut, meskipun kenyataannya rambut tetap kering.

Ratusan produk berbeda bertebaran di pasar saat ini. Masing-masing memiliki jumlah minyak yang berbeda, biasanya petroleum jelly, lilin lebah, dan zat aditif untuk memberikan aroma. Laki-laki yang ingin rambutnya kaku lebih lama, disarankan memakai produk dengan kandungan lilin yang lebih tinggi.

Namun jika hendak bergaya dengan rambut bersinar dan tidak terlalu kaku, produk pomade yang mengandung minyak atau lemak lebih banyak dengan lilin sedikit adalah yang terbaik.

Berbagai pilihan pomade banyak ditawarkan sehingga memilih pomade rambut pun sangat tergantung pada pilihan gaya pribadi masin-masing lelaki.

Di awal abad ke-20 contoh merek pomade paling dicari adalah Murray's Superior Pomade. Minyak rambut Murray beredar di pertengahan era 1920-an. Lalu muncul Brylcreem yang diperkenalkan pada 1928.

Royal Crown Hair Dressing yang keluar pada 1936, dan Dixie Peach Hair Pomade yang digandrungi oleh remaja laki-laki di Amerika Serikat dari Perang Dunia II dan melewati pertengahan 1960-an.

Pomade digunakan tidak sebatas pada rambut di kepala. Dia juga dipakai untuk rambut kumis, jambang, dan jenggot. Kesan lebih gelap, klimis, dan mengilap diasosiasikan dengan model rambut klimis laki-laki di awal pertengahan abad ke-20.

Karena pomade mengandung unsur minyak dan lilin, rambut jadi sulit untuk dibersihkan. Rambut baru akan bersih seluruhnya dari pomade setelah beberapa kali keramas. Memberikan minyak zaitun dan mencuci dengan air hangat juga dapat menghapus pomade.

Seringkali terjadi salah kaprah antara pomade dan lilin rambut (hair wax). Mudahnya, pomade memberikan kesan rambut yang licin dan lebih mengilat, sementara lilin rambut tidak.

Namun belakangan perbedaan antara pomade dan wax rambut jadi agak ambigu. Terutama karena banyak pomade berat mengandung lilin lebah. Hair wax dan pomade sering dipasarkan tidak memakai nama tersebut. Seringkali yang tertera adalah 'paste', 'putty', 'glue' atau 'whip'.


Cara membuat pomade sendiri di rumah pun cukup sederhana. Selain itu, bahan yang digunakan pun menggunakan bahan alami. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan kerusakan rambut yang akan kamu alami. Berikut ini cara membuat pomade yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa ribet.


Alat dan bahan yang digunakan

1. Beeswax atau lilin madu

Lilin madu ini bisa kamu temukan di toko kosmetik ataupun di toko online. Lilin madu ini sering digunakan pula sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini dikarenakan sifat dari lilin madu yang melembabkan dan juga berkilau.

2. Minyak kelapa

Tentu saja bukan jadi rahasia umum bisa minyak kelapa bisa digunakan sebagai melembabkan rambut dan juga mengatasi rambut rusak. Menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pembuatan pomade pun tak akan merusak rambut kamu.

3. Lempung bentonit

Lempung bentonit ini termasuk dalam jenis tanah liat loh. Pembentukan dari lempung bentonit ini terjadi kerena pelapukan abu vulkanik. Oleh karena itu, lempung bentonit ini pun kaya akan natrium dan juga kalsium. Selain itu, lempung bentonit juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas loh.

4. Minyak Essensial

Minyak essensial ini bisa kamu gunakan sebagai menambah wangi pada pomade yang akan kamu buat. Jadi jenis aroma minyak yang akan kamu gunakan pun tergantung dari selera kamu.

5. Minyak zaitun dan Minyak almond

Kedua minyak ini sama-sama memiliki fungsi untuk melembutkan dan juga melembabkan rambut. Selain itu banyak pula nutrisi yang ada untuk rambut kamu. Maka tak ada salahnya untuk menambahkan minyak zaitun dan juga minyak almond pada bahan dasar cara membuat pomade.

6. Panci dan wadah kecil

Panci sendiri kamu gunakan untuk memanaskan dan mencampurkan semua bahan yang ada. Sedangkan mangkuk ini bisa kamu gunakan untuk menuangkan bahan yang telah tercampur.


Cara membuat pomade sendiri di rumah dengan mudah

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun tak perlu ribet. Selain itu, hanya ada beberapa langkah cara membuat pomade alami yang bisa kamu ikuti. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pomade sendiri di rumah.

1. Panaskan air dalam panci. Kamu hanya perlu memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Namun usahakan menggunakan api sedang ya.

2. Lelehkan lilin madu dengan double boiler. Selanjutnya kamu bisa menuangkan lilin madu di panji lainnya. Setelah itu lelehkan di atas air yang mendidih tersebut. Cara ini sama seperti kamu akan melelehkan coklat. Sambil di lelehkan kamu perlu mengaduknya agar lelehan lilin madu merata.

3. Masukan bahan lain pada lelehan lilin madu. Setelah itu kamu bisa menambahkan minyak-minyak yang ada dengan takaran yang sedikit. Kamu bisa menambahkan 1,5 sendok makan minyak zaitun, beberapa tetes minyak essensial sebagai pewangi serta setengah sendok teh untuk minyak almond. Kemudian aduk semua bahan hingga merata.

4. Masukan lempung bentonit. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa mematikan api pada kompor atau memindahkan wadah tersbut pada meja. Setelah itu tuangkan lempung bentonit yang sudah dicampur dengan air hingga lembek. Aduk rata adonan yang telah tercampur lempung bentonit hingga merata.

5. Tuangkan pada wadah kecil dan ratakan. Setelah adonan benar-benar tercampur rata, kamu bisa menuangkannya pada wadah yang lebih kecil yang bisa kamu gunakan sebagai tempat pomade. Kemudian biarkan pada suhi ruangan hingga menjadi dingin dan mengeras.

6. Pomade telah siap digunakan untuk membantu gaya tatanan rambut kamu.


Penutup

Nah, demikianlah cara mudah membuat pomade sendiri di rumah. alat dan bahan nya pun sangat mudah di temukan. Tapi mungkin ada beberapa bahan yang agak sulit di jumpai yah, oleh sebab itu, di bawah ini saya akan memberikan link pembeliannya,

Semoga menginspirasi, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai berjumpa kembali.


Lilin Lebah (Beeswax) : Beli Disini

Minyak Kelapa : Beli Disini

Lempung Bentonit : Beli Disini

Minyak Esensial : Beli Disini

Minyak Zaitun : Beli Disini




Itulah Ulasan Kami Tentang Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet

Sekianlah informasi tentang Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.Teriakasih, jangan lupa share dan tuliskan komentar dibawah ini.


Anda sudah melihat postingan Cara Membuat Pomade Sendiri Hand Made Mudah Dan Anti Rbet dengan alamat link https://15hits.blogspot.com/2020/08/cara-membuat-pomade-sendiri-hand-made.html silahkan di copy dan bagikan.

0 Komentar