Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya - Selamat datang di halaman kami 15HITS | Kumpulan Viral Paling Dicari, Pada postingan kali ini kita akan ulas Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya, Disini semua telah di siapkan khusus buat anda. Dalam postingan Gambar SMA, Gambar SMK, Gambar Soal-Soal, yang sudah dibuat ini, bisa di ambil manfaatnya.



link : Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya

Mungkin Anda Tertarik


Daftar Isi [Buka]

Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya

Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya - Untuk siswa/siswi SMA/SMK kelas 11/XI tentunya sudah sangat familiar dengan mata pelajaran seni budaya ini bukan?

Mata pelajaran seni budaya harus kita pahami dan kuasai secara matang dan menyeluruh guna mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS/PTS).

Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan soal seni budaya ini kepada siswa/siswi SMA/SMK kelas XI sebagai bahan latihan untuk menghadapi UTS/PTS, berikut adalah soalnya:

Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum

SOAL PILIHAN GANDA

1. Yang sangat menentukan dalam penentuan jumlah dan susunan panitia pameran seni
rupa adalah
A. Bobot karya yang akan dipamerkan
B. Kualitas panitia yang diinginkan
C. Bobot seniman yang karyanya akan dipamerkan
D. Volume pekerjaan dari pameran itu sendiri

2. Berikut yang bukan merupakan inti dari proposal pameran adalah
A. Latar belakang pameran
B. Dasar acuan kegiatan pameran
C. Keuntungan dan kerugian penyelenggaraan pameran
D. Tema pameran

3. Berikut yang bukan merupakan sumber dari materi pameran seni rupa di sekolah
adalah
A. Koleksi karya tugas-tugas terbaik siswa
B. Karya-karya modifikasi yang dibuat siswa atas kehendak sendiri, di luar tugas yang
diberikan oleh guru di sekolah
C. karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan (seni lukis, desain, kria,
logo, animasi, dan lain-lain) baik dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional,
yang pernah diraih oleh siswa yang sedang belajar efektif di sekolah yang
mengadakan pameran.
D. Karya-karya terbaik dari guru Seni Budaya di sekolah

4. Kata kunci dari keberhasilan penyelenggaraan pameran seni rupa adalah
A. Dana yang banyak
B. Dukungan dari donator yang besar
C. Komitmen dan kerjasama kepanitiaan
D. Dukungan dari pemerintah daerah setempat

5. Pekerjaan panitia pameran setelah diadakannya pameran seni rupa di sekolah adalah
sebagai berikut, kecuali
A. Pemberian tanda penghargaan
B. Pengembalian materi pameran
C. Menghitung keuntungan atau kerugian penyelenggaraan pameran
D. Pembubaran panitia

6. Dalam menganalisis karya seni rupa, aspek konsep berkaitan dengan pengamatan atas
karya seni untuk menemukan hal-hal sebagai berikut, kecuali
A. Sumber inspirasi
B. Minat seni
C. Penerapan prinsip estetika
D. Nilai jual hasil kesenian tersebut

7. Fungsi seni pada hakikatnya adalah
A. Manfaat seni pada konteks tertentu
B. Manfaat bagi kemanusiaan
C. Sebagai wadah ekspresi bagi seniman
D. Sebagai penghibur

8. Nilai estetis pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu
A. Nilai objektif dan nilai subjektif
B. Nilai universal dan nilai personal
C. Nilai universal dan nilai objektif
D. Nilai personal dan nilai subjektif

9. Nilai yang diperoleh dari pengalaman mengamati karya seni, misal-nya tentang “pesan
seni” dan nilai keindahan berdasarkan reaksi dan respons pribadi kita sebagai pengamat
disebut dengan nilai
A. Subjektif
B. Nilai universal
C. Nilai objektif
D. Nilai semesta

10. Nilai yang khusus mengkaji gejala visual karya seni, aktivitas ini mendasarkan kriteria
ekselensi seni pada kualitas integratif tatanan formal karya seni. Nilai yang demikian ini
disebut dengan nilai
A. Subjektif
B. Nilai universal
C. Nilai objektif
D. Nilai semesta

11. Untuk kepentingan informasi katalog dan pelabelan, maka hal-hal tersebut haruslah
dicatat, kecuali
A. Nama perupa
B. Tahun penciptaan
C. Media
D. Penghargaan yang pernah diterima

12. Dalam pemajangan karya dua dimensi, hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah
A. Kesesuaian antara keluasan ruang dengan jumlah karya yang dipamerkan
B. Kesesuaian antara jumlah biaya yang dikeluarkan dengan penghasilan yang akan
diterima
C. Kesesuaian antara selera pengunjung dengan karya yang hendak ditampilkan
D. Kesesuaian antara karya seni dengan kualitasnya

13. Dalam pemajangan karya tiga dimensi, hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah
A. Aspek dimensi itu sendiri
B. Kesesuaian antara dimensi karya dengan jumlah biaya sewa ruang
C. Aspek estetika dimensi itu sendiri
D. Aspek ekonomis dari karya tiga dimensi tersebut

14. Berikut yang bukan merupakan kegiatan pada acara pembukaan pameran
A. Laporan bendahara
B. Laporan ketua panitia
C. Sambutan kepala sekolah
D. Sambuatan guru seni budaya

15. Berikut yang dapat digolongkan sebagai karya seni rupa terapan adalah
A. Lukisan
B. Patung
C. Kriya
D. Grafis

16. Berikut yang bukan merupakan kategori seni rupa dari segi bentuk adalah
A. Seni rupa dua dimensi
B. Seni rupa tiga dimensi
C. Seni rupa abstrak
D. Seni rupa multidimensi

17. Berikut yang bukan merupakan fungsi seni menurut Edmund Burke Feldman adalah
A. Fungsi personal
B. Fungsi sosial
C. Fungsi ekonomi
D. Fungsi fisikal

18. Seni rupa murni bagi apresiator adalah sebagai sarana untuk
A. Mendapatkan nilai estetik
B. Media ekspresi
C. Memenuhi kebutuhan fisik
D. Memenuhi kebutuhan nonfisik

19. Corak karya seni rupa yang memiliki sifat bersahaja, naif, sederhana, spontan, jujur, baik
dari segi penggarapan bentuk maupun pewarnaan. Senimannya bebas dari belenggu
profesionalisme, tradisi, teknik, dan latihan formal proses kreasi seni.
Corak dan karakteristik seperti yang disebutkan di atas mewakili aliran
A. Primitivisme
B. Naturalism
C. Realisme
D. Dekoratif

20. Budaya ini ditandai oleh ketiadaan penggangguran, konsumerisme, makin meningkatnya
kesejahteraan, mobilitas sosial ke atas, melonggarnya struktur kelas dalam masyarakat,
berubahnya pandangan sosial, dan kesejahteraan kaum muda, beserta budaya
protesnya, pengalaman dan kepekaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Budaya tersebut di atas memunculkan seni sebagai berikut
A. Seni kontemporer
B. Seni konseptual
C. Seni optik
D. Seni pop



Penutup

Demikianlah Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya. Semoga soal-soal diatas dapat membantu anda dalam memantapkan diri menghadapi ujian ya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih, terus kunjungi situs blog ini untuk mendapatkan informasi dan soal-soal bermanfaat lainnya ya. Terimakasih.


Itulah Ulasan Kami Tentang Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya

Sekianlah informasi tentang Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.Teriakasih, jangan lupa share dan tuliskan komentar dibawah ini.


Anda sudah melihat postingan Soal UTS/ PTS Seni Budaya Keterampilan (SBK) Semester 2 SMA/SMK/MA Kelas 11/XI Dan Jawabannya dengan alamat link https://15hits.blogspot.com/2019/05/soal-uts-pts-seni-budaya-keterampilan.html silahkan di copy dan bagikan.

0 Komentar